Home » » Syarat-Syarat Jadi Jurnalis

Syarat-Syarat Jadi Jurnalis

Written By junalis kebumen on Selasa, 11 Desember 2012 | 17.27


Kewartawanan atau jurnalisme (berasal dari kata journal), artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.

Di Indonesia, istilah "jurnalistik" dulu dikenal dengan "publisistik". Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Seiring waktu, istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik. Publisistik juga digunakan untuk membahas Ilmu Komunikasi.

Nah syarat - syarat untuk jadi seorang jurnalis adalah :


1. Suka Tantangan
Menjadi seorang jurnalis itu harus menyukai tantangan,rasa ingin tahu pada diri seorang jurnalis itu harus benar-benar ada karena karena harus memenuhi rasa ingin tahu dari pembaca, oh....ya nggak perduli cuaca tu apapun.

2. Berani Menghadapi Resiko
Jadi seorang wartawan itu resikonya banyak,mungkin akan dicaci maki, diusir, atau apapun lah yang penting harus siap menghadapi segala resikonya.

3. Punya Daya Tahan Tinggi
Seorang jurnalis itu harus memiliki daya tahan dan stamina yang prima,karena dimana ada berita maka seorang jurnalis itu dituntut harus ada entah itu malam, atau pagi , makanya stamina harus perlu olahraga itu wajib lho untuk seorang jurnalis.

4. Punya Kemampuan Menggali Sumber Informasi
Jadi jurnalis itu gak boleh cepet puas, menggali informasi ke narasumber dan sebagainya yang terkait dengan berita itu agar hasil berita itu dapt diserap oleh masyarakat lebih maksimal.

5. Punya Sensivitas Tinggi
Seorang wartawan itu harus memiliki sense of humanity, peka terhadap lingkungan sekitar sehingga segal bentuk hal yang terjadi di masyarakat mampu untuk diserap oleh seorang jurnalis tersebut.

6. Punya Minat Menulis Berita
Nah, kalo yang ini hukumnya sangat wajib nih, kalo mau jadi jurnalis ya harus pintar nulis makanya pengetahuan tentang jurnalistik itu perlu karena apa? segala sesuatu hal yang kita lihat tapi tidak kita tuliskan rasanya masih kurang ya kan!!!

Nah itu syarat jadi jurnalis.....moga-moga banyak yang berminat jadi jurnalis ya....
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

12 Oktober 2013 20.38

terima kasih informasinya :)

13 Oktober 2013 08.10

Tq infp nya

10 Maret 2014 06.09

terima kasihn info nya

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lensa Generasi Darma - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger